Rp 7 Triliun untuk PAUD

warta July 9, 2012 Comments Off dibaca 4,688 kali
Rp 7 Triliun untuk PAUD

Ilustrasi : Bangunan gedung TK Al Firdaus, Kota Solo

YOGYAKARTA. Tahun 2013 pemerintah menganggarkan Rp7 Trilliun untuk program Pendidikan Anak Usia Dini  (PAUD). Dengan dana ini diharapkan akan terwujud satu desa satu PAUD.

Demikian disampaikan Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal (PAUDNI) Kemdikbud, Prof Dr.Lydia Freyani Hawadi atau lebih akrab dipanggil Reni Akbar Hawadi di sela-sela  Pertemuan Menteri-Menteri Pendidikan ASEAN ke-7 (The 7th ASEAN Ministers Meeting) yang diselenggarakan di Yogyakarta, 3-5 Juli 2012, pekan lalu.

Dengan anggaran Rp7 triliun ini, 15 ribu PAUD sampai tahun 2014 bakal terbangun. Rinciannya, pada tahun 2013 akan dibangun 7.500 unit, dan jumlah yang sama akan dibangun pada 2014. Ini artinya pencapaian program satu desa satu PAUD akan dapat terwujud pada 2014. Pada tahun yang sama,  target angka partisipasi kasar PAUD sebesar 75 persen pun akan tercapai.

Reni menyatakankan anggaran ini dialokasikan untuk meningkatkan pelayanan PAUD. Saat ini, jumlah anak yang sudah terlayani PAUD baru mencapai 34 juta anak. Masih ada sekitar 21 juta anak usia dini yang belum tersentuh PAUD. Setiap PAUD yang mendapat bantuan bisa mengakses dana sebesar Rp35 juta yang digunakan untuk untuk pengadaan gedung dan sumber daya manusia. (Rini/HK)