Pemerintah Siapkan Rp 17 Triliun untuk Beasiswa S2 dan S3

warta November 30, 2013 Comments Off dibaca 2,592 kali
Pemerintah Siapkan Rp 17 Triliun untuk Beasiswa S2 dan S3

JAKARTA, PAUDNI – Pemerintah menyiapkan dana sebesar Rp 17 triliun untuk memberikan  beasiswa S2 dan S3. Dana bantuan tersebut diperuntukan bagi yang ingin mengambil studi, di dalam maupun luar negeri. Bahkan, akan disediakan beasiswa Presiden RI atau Presidential Fellowship bagi kandidat yang diterima di 10 universitas top dunia.

Hal tersebut ditegaskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Mohammad Nuh DEA pada wawancara khusus yang disiarkan sebuah televisi swasta di Jakarta, Jumat (29/11). “Dananya besar, sehingga kesempatannya pun terbuka lebar,” ujar Mendikbud.

Menurut Mendikbud, dana beasiswa tersebut berasal dari dana abadi pendidikan (endowment fund) yang disisihkan sejak tahun 2010. Beasiswa ini dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), sebuah badan layanan umum yang berdiri tahun lalu. Lembaga ini merupakan kerja sama antara Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Agama.

Para penerima beasiswa LPDP ini akan memperoleh pembiayaan dana kuliah,  tiket pesawat, visa, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan, tunjangan buku, seminar, wisuda, dan lainnya. Selain itu, LPDP juga menyediakan beasiswa tesis dan disertasi bagi mahasiswa yang sedang menempuh studi pascasarjana.

Syarat pelamar beasiswa ini adalah warga negara Indonesia yang memiliki jiwa kepemimpinan, dan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. “Usai studi di luar negeri, penerima beasiswa ini harus kembali ke Indonesia untuk membaktikan diri,” imbuh Mendikbud.

Beasiswa Unggulan

Mendikbud menegaskan, pemberian beasiswa secara masif bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Hal ini merupakan terobosan Kemdikbud dalam rangka menyiapkan 100 tahun Indonesia merdeka. “Pada tahun 2045, akan banyak penduduk usia produktif. Kita akan mengalami bonus demografi. Ini harus dipersiapkan sejak dini,” ucapnya.

Mendikbud menguraikan, Kemdikbud juga memiliki program Beasiswa Unggulan. Program ini sudah lama digulirkan, dan telah memberikan beasiswa S2 dan S3 kepada para penerimanya. “Beasiswa Unggulan juga diperuntukkan untuk melanjutkan studi di dalam dan luar negeri,” ucapnya.

Informasi lebih lanjut tentang beasiswa LPDP dapat mengunjungi laman www.lpdp.depkeu.go.id, sedangkan informasi Beasiswa Unggulan dapat diakses melalui www.beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id. (Yohan Rubiyantoro/HK)