Ditjen PAUDNI Akan Beri Penghargaan Bunda PAUD Berprestasi

warta June 14, 2013 Comments Off dibaca 1,061 kali
Ditjen PAUDNI Akan Beri Penghargaan Bunda PAUD Berprestasi

Dirjen PAUDNI memukul gong sebagai tanda dibukanya secara resmi kegiatan Rakor Pengembangan Kebijakan Program Antar Wilayah Koridor I (Pulau Sumatera), Senin (10/6)

MEDAN – Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (Ditjen PAUDNI) Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, psikolog membuka secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi Pengembangan Kebijakan Program Antar Wilayah Koridor I (Pulau Sumatera) di Hotel Madani Medan, Senin (10/6).

Dirjen PAUDNI selain membuka secara resmi, juga memberikan pengarahan kepada peserta kegiatan tersebut. Dalam arahannya beliau yang juga berprofesi sebagai guru besar psikolog UI sangat peduli dengan Renstra PAUDNI 2010-2014.

“Renstra merupakan kepentingan nasional sehingga menjadi tanggung jawab bersama  mulai tingkat pusat  provinsi dan kabupaten/kota “, ujar Dirjen PAUDNI. Reni Akbar – Hawadi sapaan akrab Dirjen PAUDNI  mengatakan bahwa untuk Renstra Pusat dan Renstra daerah harus inline.

Dalam sambutannya,Dirjen PAUDNI mengungkapkan keprihatinannya atas minimnya anggaran pendidikan di pemerintah daerah. Untuk itu, Dirjen PAUDNI menghimbau kepada pemerintah daerah (provinsi dan kabupaten/kota) agar menganggarkan anggaran pendidikan 20% dari total anggaran di luar gaji dan tunjangan guru.

APK PAUD tahun 2013 ditargetkan dapat mencapai 50%, hal ini sebagai pendorong untuk mencapai APK PAUD 75% pada tahun 2015, sesuai dengan kesepakatan deklarasi Dakar tahun 2000. Program PAUD saat ini sangat penting karena menjadi sorotan nasional dan internasional untuk menyongsong Indonesia emas 2045.

“Salah satu program utama PAUD adalah gerakan PAUDisasi sehingga diharapkan dapat tercapai minimal 1 desa 1 PAUD”, tutur Dirjen.  Ia berharap nantinya keikutsertaan masyarakat di PAUD merupakan salah satu indikator meningkatnya angka bertahan siswa Sekolah Dasar.

Untuk keberhasilan pencapaian APK akan diberikan penghargaan terhadap bunda PAUD mulai dari tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota, khususnya bagi daerah yang anggaran APBD untuk PAUD nya meningkat dan jumlah desa dengan PAUD nya mencapai  75%.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 10-12 Juni 2013. Peserta terdiri dari Kabid PNFI/ PAUDNI Disdik Provinsi dan Kabupaten/ Kota, Kepala Bappeda Provinsi, Kepala BPKB provinsi, Kepala SKB Kabupaten/Kota, Kepala BP-PAUDNI regional I Medan, Direktur dan Kasubdit Program dan Evaluasi di lingkungan Ditjen PAUDNI, serta  kepala Bagian Hukum dan Kepegawaian Ditjen PAUDNI dengan jumlah peserta  291 orang. (Teguh Susanto/HK)