Serius dan Santai di Outbound Peningkatan Motivasi Pegawai

Mon, 05/06/2013 - 14:28 -- meivie
Undefined

[BOGOR] Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat menggelar kegiatan Peningkatan Motivasi Pegawai.  Kegiatan yang dikemas secara serius tapi santai ini diselenggarakan di The Highland Park Resort Sukajadi, Taman Sari, Bogor pada 24 hingga 26 April 2013.

"Saya sangat terkesan dengan kegiatan yang telah dibuat teman-teman, ternyata kegiatan ini bisa menghasilkan sesuatu bermanfaat tidak saja bagi kepentingan meningkatkan motivasi kerja dan kebersamaan tetapi dapat menghasilkan model kegiatan yang akan dilakukan oleh kita kedepan," katanya.



Kegiatan tahunan yang digelar sebagai upaya meningkatkan motivasi pegawai ini dikemas sedemikian rupa dalam sejumlah bentuk kegiatan, diantaranya yaitu presentasi dan pemaparan rangakain kebijakan dan pembekalan dari sejumlah pejabat di lingkungan Kemdikbud, Bappenas, pakar dan tokoh yang kerap memberikan motivasi kepada sejumlah pihak dalam membangun kinerja dan kerjasama tim.

Selain  mendapat pembekalan di dalam ruangan, lebih dari 120 pegawai dan tim teknis yang terlibat juga diajak untuk terlibat dalam sejumlah kegiatan permainan secara berkelompok yang diharapkan dapat membangun semangat kebersamaan, keharmonisan dan mencairkan kebekuan relasi yang selama ini mungkin terjadi di dalam kantor.

Bentuk kegiatan permaian itu berupa game paint ball, lomba memasak berkelompok dan permainan kebersamaan dalam sejumlah bentuknya. Sedangkan pada malam harinya diselenggarakan lomba karaoke serta pembagian door prize kepada karyawan yang terlibat maupun karyawan yang tidak dapat datang mengikuti kegiatan karena menjalankan tugas kantor.

Pada hari terakhir sebelum kegiatan ditutup diselenggarakan workshop sederhana yang dibuat panitia guna mendapatkan masukan dari para karyawan mengenai dua agenda besar Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat yang pada tahun 2013 ini menjadi prioritas utama yaitu Program Pengarusutamaan Gender dan Program Layanan Ditbindikmas Responsfif Papua.

Guna mendapatkan masukan secara utuh mengenai dua program ini dari seluruh karyawan dibuatkan workshop yang dilakukan dalam bentuk diskusi kelompok dan juga simulasi atau game. Untuk workshop pertama Program Pengarusutamaan Gender unsur peserta adalah pimpinan dalam hal ini Kasubdit, Kasi dan Staff yang berasal dari Subdit Sarana dan Prasarana serta  Subdit Kemitraan dan Lembaga. Sedangkan untuk workshop Program Layanan Ditbindikmas Responsif Papua pesertanya berasal dari Subdit Program dan Evaluasi dan Subdit Pendidikan dan Pengajaran.[Eko]

 

Back to Top